Cloud Computing

Apa sihh cloud computing ???
hemmm… im wondering what it is my self, well let check this article

Cloud_Services.
Cloud computing itu sendiri telah merubah business model dari setiap perusahaan konsumen dalam memenuhi kebutuhan sistem informasi komputer mereka. Dulu segalanya harus dibeli dan dipelihara sendiri seperti hardware, network, software operating system, dan software aplikasi serta staf IT yang mengelolanya tetapi sekarang segalanya bisa disewa saja. Hal ini dirasakan sangat membantu mengurangi kesulitan mereka dalam memelihara sistem informasi sendiri terutama dari segi besarnya investasi dan tingginya turn over atau pergantian staf IT karena seringnya perpindahan atau pembajakan dengan tawaran gaji yang lebih tinggi. Para perusahaan juga sangat senang karena mereka bisa fokus pada bisnis utama mereka tanpa dipusingkan dengan urusan IT. Bayangkan apabila untuk kebutuhan listrik mereka harus mengurusnya sendiri dengan membeli semua peralatan yang dibutuhkan dan memeliharanya sendiri juga tentunya sangatlah merepotkan sekali. Untung sudah ada PLN yang menyediakan semuanya sehingga mereka tidak usah pusing pusing lagi tinggal minta berapa watt yang dibutuhkan dan tinggal membayar pemakaiannya setiap bulan. Nah hal ini sekarang yang terjadi pada dunia IT dengan hadirnya cloud computing, bukankah hidup jadi lebih enak ? tentu saja Ya. Yang tidak enak adalah bagi para profesional IT karena semakin berkurangnya kebutuhan tenaga IT kecuali para software engineers dan programmers yang tetap dibutuhkan oleh perusahaan yang mengembangkan software sendiri. Dan juga para perusahaan atau toko penjual hardware yang tentunya akan semakin sepi terbukti oleh perusahan perusahaan komputer seperti HP, Dell, dsbnya yang harus mengurangi tenaga kerja mereka ribuan banyaknya dikarenakan oleh penjualan yang terus menurun secara drastis. Kenapa ? hal ini karena para perusahaan hanya membutuhkan komputer komputer tablet yang lebih sederhana untuk mengakses software dan data mereka di cloud. Baca artikel: komputasi awan mulai menunjukan ancamannya.

Perlu kita ketahui bahwa ada 3 kelompok besar cloud computing technology yang ditawarkan yaitu:

  • Infrastructure As A Service (IAAS) yang menyediakan penyewaan fasilitas hardware dan networking.
  • Platform As A Service (PAAS) yang menyediakan penyewaan operating system dan development tools.
  • Software As A Service (SAAS) yang menyediakan penyewaan program aplikasi jadi.

Di Indonesia untuk sisi penyedia cloud computing ada beberapa yang boleh saya katakan “Berani Mati” yang menyediakan IAAS. Hal ini karena menurut saya tidak mungkin dalam skala kecil (jika kita mengerti apa itu cloud computing) dan sulit bersaing dengan penyedia penyedia raksasa seperti Microsoft, Google, Amazon, dsb. Untuk fasilitas 2 tentunya hampir tidak mungkin karena lebih sulit lagi menyaingi Microsoft yang sudah sejak awal berdirinya menyediakan software untuk development tool seperti Visual Studio sekarang ini. Kesempatan yang sangat besar adalah untuk menyediakan SAAS karena mengingat lebih banyaknya orang miskin dan UKM. Baca layanan komputasi awan untuk UKM. Perusahaan perusahaan besar di Indonesia yang sudah merambah menjadi penyedia jasa pelayanan cloud computing adalah PT TELKOM, PT Indosat, XL, dsb.

Di sisi konsumen sebagai pemakai tentunya semua fasilitas no 1 s/d 3 sangat dibutuhkan di Indonesia. Kebanyakan semua perusahaan memerlukan fasilitas 1 s/d 3 kecuali beberapa yang mengembangkan softwarenya sendiri hanya membutuhkan 1 dan 2 saja. Dari sudut pandang geografisnya dan juga tingkat rata rata ekonomi rakyatnya maka perkembangan kebutuhan cloud computing ini sangatlah besar bahkan boleh di katakan Indonesia sebagai pasar yang sangat besar bagi cloud computing. Sebagai contohnya FACEBOOK dimana Indonesia merupakan negara terbesar sebagai pemakainya. Amazing kan !.

Yang mungkin masih bisa menjadi kendala adalah kurangnya pengertian akan cloud computing itu sendiri sehingga banyak orang yang masih kwatir mengenai masalah keamanan dan kerahasian data. Masalah keamanan adalah dari segi fisik hardwarenya terhadap kerusakan atau pencurian. Tentunya untuk hal ini jauh lebih aman di penyedia cloud. Bacacloud computing security. Sedangkan masalah kerahasiaan data tentunya adalah ini mengenai masalah kebocoran data. Pertanyaannya apakah staff IT anda tidak akan melihat data anda ? tentunya tidak karena mereka bisa mengakses bahkan mendelete serta membocorkannya kepada pihak kompetitor atau pihak ketiga. Apakah anda lebih percaya kepada individu daripada kepada perusahaan besar yang berreputasi tinggi dengan adanya perjanjian legal yang melindungi anda ?.

Source ==> http://neurosoft-indonesia.com/category/articlenews/cloud-computing-articlenews

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: