Manfaat Mandi Dalam Kajian Islam


Menurut penelitian terbaru, mandi tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi juga memiliki peran penting meningkatkan system kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit (misalnya eksem), bahkan mampu menyembuhkan maslah medis serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam new englad journal of medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat mampu menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%.

mandi

Penelitian terpisah diJepang menunjukkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat mampu memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani tes olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Demikian pula kebiasaan mengguyur sekujur tubuh dengan air dingin, membuat seseorang siap mengawali hari dengan semangat menggebu.

Tak heran dimusim dingin sekalipun tak jarang masyarakat Jepang memanfaatkan air yang nyaris beku untuk mandi. Caranya ????? dengan menceburkan diri. Data penelitian di atas, serta tingginya angka harapan hidup pada masyarakat jepang, jelas member kesan tersendiri.

Kongkritnya, seperti apa manfaat mandi dalam kajian islam, khususnya pada tubuh sehingga begitu bermanfaat???

Ada pilihan suhu yang bisa digunakan: dingin hingga hangat. Jika stress menerpa, mandi air dingin menjadi jawaban yang lebih tepat. Temperature yang dianjurkan sekitar 12-18oC. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan dan dapat meningkatkan gula darah. Inilah alasan kenapa orang Jepang memilih mandi dengan air dingin di pagi hari, meski terdapat pilihan menggunakan air hangat. Energi yang diperlukan seharian, serta kesegaran dan pemulihan diri untuk siap menempuh ketegangan hari itu, menjadi jawabannya. Alasan serupa menjadi jawaban mengapa mandi sebelum subuh (atau dalam rentang berhawa dingin) menyegarkan, menjadi rahasia menajubkan. Karena, tanpa stress, hidup akan jauh lebih bermakna.

Sebaliknya, mandi air hangat sekitar 32-35oC membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin (racun). Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Mandi seperti ini dipilih setelah selesai beraktivitas pada sore hari, mengingat banyaknya zat racun yang telah diserap seharian.

Efek mana yang diperlukan tubuh, itu yang menjadi dasar mandi dengan air dingin atau air hangat yang jelas, tidak mandi sama sekali ya…………, Abu Hurairah ra. Meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW bersabda: “ Hak atas setiap muslim adalah mandi (paling sedikit sekali) dalam tujuh hari dan membersihkan kepala dan badannya”. (HR. Bukhari, dan Muslim)

Bagi seorang muslim, mandi merupakan salah satu bentuk syukur, terlebih lagi di Negara yang masih dikaruniakannya air melimpah seperti di Negara kita ini, sekaligus penjagan luar biasa terhadap fisik dan mental. Daru tulisan diatas tentang manfaat mandi dalam kajian islam, semoga dapat memberikan pengetahuan baru bagi kita semua. Bahwa mandi, suatu kegiatan rutin yang ternyata mempunyai manfaat yang banyak baik untuk fisik maupun mental.

Categories: Goresan Hati | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: