Nikmatilah Proses


Sejak kecil guru saya selalu berkata, nikmatilah sebuah proses. Kata-kata itu masih teringat dalam hati saya sampai sekarang, bahkan selalu diulang-ulang oleh banyak orang. Nikmatilah proses, hargailah proses, ikutilah proses yang terus berjalan dalam hidupmu. Saat itu saya belum tertarik dengan apa yang disebut “PROSES”. Fikir saya, kalau bisa instan kenapa harus berlama-lama. “Instan” kan lebih cepat selesai, lebih cepat sampai kalau proses itu akan berjalan lama, ribet, ruwet, susah. Bahkan dalam sebuah buku saya selalu menuliskan “Pribadi yang suka Instan” bukan Mie Instan lho yaa :-D . begitulah hal yang sempat tertanam dalam diri saya sewaktu masih kecil.

Lihatlah Prosesnya, jangan langsung melihat end point dari hasilnya.

Suatu ketika saya pernah protes dengan ibu guru saya saat nilai ulangan matematika saya salah. Protes bukan karena nilai saya buruk, tapi justru heran kenapa nilai saya bisa lebih padahal ada beberapa point jawaban saya yang salah.  Dengan sabar Ibu guru melihat kembali kertas ulangan saya dan tersenyum kemudian berkata, “kamu mau nilainya berkurang atau tidak ?” tentu saja tidak mau yaa.. ternyata guru saya memberikan tambahan nilai karena saya mengerjakan ulangan secara runtut berdasarkan rumus dan cara-cara yang telah diajarkan. Saya menyusun jawaban berbaris-baris angka hingga didapatkan hasil akhirnya, bukan langsung hasil akhir yang saya tuliskan. Dan cara itulah tambahan nilai diberikan kepada saya walau jawabannya salah, kata bu guru sebagai “Upah Menulis” :-D

Proses Itu Nikmatilah, Maka Kamu Akan Lebih Memaknainya

Setiap manusia yang terlahir di dunia memiliki jalan hidup masing-masing. Takdir yang ada padanya telah tertuliskan sejak ruh ditiupkan dalam rahim ibunda. Hidup, mati, jodoh, dan rizki telah diatur oleh Sang Maha Pengatur Yang paling Adil untuknya. Suatu kesuksesan, harapan, impian, ataupun cita-cita yang telah tercapai tentu melewati suatu proses. proses perjalanan itulah yang membuat kita bertahan akan ujian dan berusaha untuk selalu belajar dari kesalahan yang sudah dilakukan. Apakah kita mampu melewatinya dan terus berusaha, ataukah kita menyerah dengan dalih kita sudah mencoba. Seindah-indahnya perjalanan tentu kita pernah menempuhi area yang kurang mengenakkan, namun semua perlu kita susuri dengan sabar.

Contohnya kuliah, apa tujuan akhir kita kuliah? kalau kuliah hanya menikmati hasil ataupun hanya ingin mendapat title gelar dibelakang nama kita, bagaimana kalau meninggal sebelum diwisuda? Kita menuntut ilmu agar lebih luas ilmu yang dimiliki hingga akhirnya hidup kita bisa lebih meningkat manfaatnya untuk orang lain.

Yang harus kita nikmati dalam hidup ini adalah proses. Mengapa? Karena yang lebih bernilai dalam hidup ini ternyata adalah proses dan bukan hasil. Kalau hasil itu Allah yang menetapkan, tapi bagi kita punya kewajiban untuk menikmati dua perkara yang dalam aktivitas sehari-hari harus kita jaga, yaitu selalu menjaga setiap niat dari apapun yang kita lakukan dan selalu berusaha menyempurnakan ikhtiar yang dilakukan, selebihnya terserah Allah.  Jangan terpukau oleh hasil, karena hasil yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut perhitungan Allah. Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk setiap hambaNya.

Categories: Goresan Hati | Tags: , , , , , , | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Nikmatilah Proses

  1. mbem

    Hidup adalah proses..
    Proses adalah perjuangan..
    Perjuangan untuk dapatkan hasil yang lebih baik..
    Enjoy ur life..

  2. Nikmatin setiap proses nya petik hasilnya kemudian sob..

  3. @iashabarry… what if never satisfied with the result ..

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

