Sleep Paralysis


Penjelasan Ilmiah ‘Ditindih Hantu’ –> Sleep Paralysis*

saya rada2 lupa nih namanya, (udah tahu namanya sekarang, kalau di Sunda
namanya eurep-eurep kalo gak salah dan jawa… ketindihan
kejadiannya kayak gini, pas kita lagi tertidur and kebangun kita
ngerasain ada sesuatu yang membuat tubuh kita tidak bisa bergerak, kaki
sama tangan kaku,bahkan untuk membuka mata lebar2 juga susaaah banget.
Kita hanya bisa mematung dan terus mematung pasrah atas apa yang terjadi…

ada yang bilang saat itu jin atau ada yang percaya hantu lagi menindih
tubuh kita, jadinya kita gak bisa bergerak…

ternyata, menurut kalangan ilmiah, kondisi yang demikian dinamakan sleep
paralysis ( mungkin banyak yang udah tau, jadi buat yang blom tau aja ya )

Penjelasannya, saat kita lagi asyik2 tertidur tiba-tiba saja saraf
motorik kita berkontraksi dan membuat kita jadi terbangun. Namun, pada
saat itu otak kita belum siap menerima kalau kita ternyata udah bangun.

FYI, pada saat kita tidur, yang bekerja adalah saraf motorik kita,
akhirnya kita ga sadar bergerak-gerak dalam tidur. ada yang heran kan
waktu mau tidur posisi kepala di sebelah sana eh bangun tau2 posisi
kepala udah ke sono. begitu juga halnya kita tidak sadar saat
menggaruk-garuk ketika tengah tidur.

nah, pada saat tertentu, kondisi yang demikian tanpa kita sadari membuat
kita terjaga namun otak belum siap. ibaratnya otak kita masih tidur.
jadi saat kita mau gerakin tangan, kaki, ataupun buka mata lebar-lebar,
tidak direspon sama otak. ya, jadilah kondisi yang demikian. kita hanya
bisa menunggu sampai otak benar-benar bangun dan baru kita bsia bergerak.

itu menurut ilmuwan loh

Dengan membaca artikel itu, saya jadi punya penjelasan ilmiah ketika suatu
saat saya mengalami hal yang seperti itu, jadi ga terlalu takut lagi
dengan anggapan ditindih hantu, karena udah ada penjelasan ilmiahnya..

Categories: Umum | Tags: , , , | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Sleep Paralysis

  1. sebelum tidur jangan lupa berdoa ………….

  2. Tapi kok dulu pas SMA aku sering ketiduran tapi kalo ada ujian mendadak nilai aku paling bagus daripada temen-temen yang ikut ngederin??? Apa dalam tidur otak aku ngolah materi plajaran??? He… he…

  3. Aduuuuuuh pa ngeliat poto yang tidur jadi bingung mo ngometarynya

  4. Wah… pengalaman tidur di kelas ya ni Coy…

  5. emmm
    pernah tu ngerasain na untung na ga mpe 5 mnitan
    tp ga mw bgt k’ulang lg dee
    coz nyiksa bgt hehehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: